Minum Air Sebelum Olahraga Sebabkan Overhidrasi

Jum'at, 08 Mei 2015 - 17:52 WIB
Minum Air Sebelum Olahraga...
Minum Air Sebelum Olahraga Sebabkan Overhidrasi
A A A
JAKARTA - Banyak orang yang beranggapan dengan banyak minum sebelum melakukan olahraga merupakan hal yang tepat. Sayangnya, hal ini tidaklah tepat. Pasalnya, terlalu banyak minum dapat menyebabkan overhidrasi yang membahayakan bagi tubuh.

“Peserta lomba lari maraton misalnya, biasanya mereka minum sebanyak-banyaknya untuk menghindari dehidrasi. Namun, minum berlebihan justru bisa menimbulkan kondisi yang sama berbahayanya dengan dehidrasi, yang disebut overhidrasi," papar pakar fisiologi olahraga Departemen Fisiologi FKUI, Dr dr Ermita I Ilyas, MS. AIFO di RSCM.

Untuk menghindari terjadinya overhidrasi, Ermita menyarankan untuk minum secara bertahap. Menurut dia, untuk setiap 0,5 kg berat badan yang hilang bisa diganti dengan konsumsi cairan sekira 0,5 liter air.

“Overhidrasi memang rentan terjadi pada olahragawan. Pada sejumlah kasus, olahragawan yang mengalami overhidrasi sering mendapat penanganan yang salah, karena mereka diduga dehidrasi. Sementara, pemahaman mengenai overhidrasi masih sangatlah kurang,” pungkas dia.

Overhidrasi dapat ditandai dengan penambahan berat badan. Mual, kram, pembengkakan di kaki hingga kejang dan hilangnya kesadaran.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1017 seconds (0.1#10.140)